Minggu, 02 Desember 2012

Pemasaran Produk Atau Jasa Melalui Social Media


Pemasaran Produk Atau Jasa Melalui Social Media




Pemasaran produk atau jasa melalui social media merupakan salah satu strategi internet marketing paling banyak diminati oleh pelaku bisnis di Indonesia.  Hal tersebut tidak lain karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna situs social media terbesar di dunia.
Hingga November 2012 banyak sumber menyebutkan (alexa.com salah satunya) ratusan ribu bahkan jutaan orang Indonesia menggunakan situs social media atau jejaring sosial setiap harinya.

Social media marketing bisa mencakup promosi website,  membuat pencitraan atau pencarian nama baik untuk personal maupun perusahaan, pemasaran produk atau jasa, melakukan transaksi jual beli, dll. Pemasaran melalui social media hanya membutuhkan sedikit biaya, selain itu sangat minim resiko. Besar kecilnya dampak dari pemasaran melalui social media tergantung dari strategi/cara pelaku bisnis itu sendiri, untuk memaksimal pemasaran melalui social media.

Berikut tips berpromosi melalui sosial media:
1. Perbanyak teman atau relasi.
Hal paling utama dan terpeting dalam pemasaran produk melalui social media, terutama di situs seperti facebook, twitter, google+, dll adalah dengan memperbanyak teman atau relasi.
Dengan memiliki banyak teman seseorang akan dengan mudah melakukan promosi, biasanya situs jejaring sosial akan membatasi seseorang dengan pengguna lain untuk berkomukasi jika tidak berteman, untuk itu carilah teman sebanyak-banyaknya. Dalam situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, atau google+ kita bisa membuat fans page agar koneksi anda dengan pengguna lain (di situs social media yang sama) tidak terbatas. Terkecuali jika anda menggunakan social media bersifat forum, wiki, atau blog anda dapat berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus adanya pertemanan.
2. Buatlah konten yang unik.
Buatlah konten menarik saat berpromosi melalui situs social media, misalnya menggunakan gambar-gambar lucu, video, artikel yang menarik, dll. Kita tentu tahu banyak artis luar dan dalam negeri mendadak terkenal melalui situs sosial media (youtube), situs sosial media tersebut tidak akan terlalu membantu jika tidak mempunyai hal atau sesuatu yang unik didalamnya, buatlah hal-hal yang dapat menarik perhatian. Membuat konten unik pun harus dilakukan saat memasarkan produk atau jasa, buatlah tulisan semenarik mungkin, agar orang lain tertarik terhadap produk atau jasa anda.
3. Tentukan target pasar.
Situs social media kini telah menjadi sarana umum untuk melakukan pemasaran. Bangunlah komunikasi khusus secara personal, sehingga anda dapat menentukan siapa saja target promosi anda. Dengan mengetahui target promosi dengan benar, promosi anda tidak akan dianggap “sampah”. Hanya akan membuang-buang waktu jika anda berpromosi kepada semua orang di sosial media, promosikanlah produk atau jasa anda kepada orang-orang yang tepat, orang-orang yang akan tertarik dengan sesuatu yang anda pasarkan. Dengan begitu klien anda pun akan merasa lebih dihargai.
4. Pasang iklan.
Untuk membantu pemasaran di social media, bisa dengan cara memasang iklan. Biasanya situs social media, menyediakan layanan untuk pemasangan iklan. Dengan memasang iklan di situs social media akan lebih membantu promosi anda kepada orang yang tepat. Situs jejaring social seperti facebook kini lebih pintar dalam pemasangan iklan, mereka hanya akan menampilkan iklan anda kepada orang-orang yang mungkin tertarik dengan apa yang anda tawarkan, Facebook menentukan hal tersebut berdasarkan profile, status, kesukaan dan hal lainya dari pengguna, sehingga iklan akan tertuju kepada orang yang tepat.
5. Analisa.
Buatlah pembukuan untuk mengalisa perkembangan promosi anda lewat social media. Dengan selalu menganalisa, anda akan mempunyai data untuk lebih meningkatkan penghasilan anda, selain itu anda akan mengetahui dengan bagaimana dan kapan penghasilan anda meningkat atau menurun. Lakukan perubahan untuk meningkatkan pendapatan, misalnya dengan membuat penawaran khusus (diskon), memberikan reward, mencari referral untuk membantu meningkatkan penghasilan.

Sumber: http://www.arie.pro/tips-pemasaran-melalui-sosial-media/



Related Posts by Categories



1 komentar:

  1. info yang menarik banget kebetulan ane lagi belajar nih tentang pemasaran social media

    www.facebook.com/maxiemaxima

    BalasHapus