Minggu, 09 Desember 2012

Hal Penting Dalam Perencanaan Penjualan


Hal Penting Dalam Perencanaan Penjualan



Perencanaan penjualan merupakan bagian yang paling penting dalam keberhasilan usaha. Perencanaan penjualan yang diterapkan harus dijalankan dan dipatuhi, jika tidak maka tidak ada gunanya dan hanya menghabiskan waktu.
Perencanaan penjualan melingkupi 2 komponen besar : strategi penjualan dan taktik menjual. Strategi dan taktik biasanya digunakan untuk menjelaskan rencana dalam sebuah perang. Strategi adalah tentang perang itu sendiri apa yang menjadi tujuan yang ingin dicapai dan ajang pertempuran mana yang akan dipilih.  Taktik menentukan bagaimana pertempuran individu terjadi.  Jadi di dalam aturan bisnis, strategi berbicara bagaimana cara agar orang tahu produk kita, sementara taktik berbicara tentang melakukan banyak pertemuan dengan calon pelanggan, memasang iklan, dan penjualan langsung ( direct selling).
Perencanaan penjualan dijabarkan lebih lanjut dalam strategi  baru dalam pengembangan bisnis dan strategi yg sedang dijalankan ( misal menjual produk tambahan ke orang yang sudah menjadi pelanggan kita). Ke empat hal diatas menciptakan sebuah kerangka berpikir bagi perencanaan penjualan. Kita bisa memilih mana yang akan kita prioritaskan lebih dahulu. Memaksimalkan pelanggan yang sudah ada atau berusaha untuk mendapatkan pelanggan baru. Ada baiknya jika anda meluncurkan produk terbaru maka komunikasikan lebih dahulu kepada  pelanggan lama anda.
Sebelum anda membuat perencanaan penjualan, maka anda harus akrab dengan tiga hal ini ; quota penjualan, wilayah penjualan dan jaringan produk dan pelayanan. Mengerti tentang qouta penjualan menolong kita untuk membuat perencanaan yang bisa kita raih. Wilayah penjualan membuat kita bekerja efektif dan efisien. Jaringan penjualan dan pelayanan memungkinkan kita untuk menentukan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan kita dan dengan jelas membuat kita bisa menentukan seberapa banyak yang bisa kita jual.
Perencanaan penjualan  yang terbaik pun pasti butuh evaluasi secara berkala. Perubahan kuota, jaringan produk dan pelanggan di produk kita membutuhkan banyak penyesuain terhadap perencanaan penjualan. Sebaiknya evaluasi rencana penjualan anda selama 3 bulan sekali dan tentukan jika anda perlu perubahan. Karena perencanaan penjualan adalah sesuatu yang sifatnya dinamis dan selalu berkembang.
Sumber : http://sales.about.com/od/salesplanofaction/a/Elements-Of-A-Great-Sales-Plan.htm

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar