Tips Marketing Di Twitter
Menjalankan
marketing melalui Twitter, mengapa tidak? Banyak perusahaan, mulai dari yang
besar, hingga menengah, dan start up, menjalankan strategi marketing melalui
mikroblog ini.
Berbeda
dengan ber-marketing-ria di blog atau Facebook, ada tips khusus untuk Twitter.
Pembatasan 140 karakter postingan sekali twit membuat kita harus mampu
menyampaikan pesan secara efektif. Keuntungannya, kita dapat langsung menerima
respon dan berinteraksi dengan audiens.
Berikut
ada 7 tips sederhana menjalankan marketing di Twitter:
Kenali
“tetangga” Anda
Twitter
itu seperti sebuah komunitas nyata, dan setiap komunitas punya “aturan main”.
Sebelum mulai ngetwit, kenali siapa saja tetangga atau follower, dan
orang-orang yang kita follow. Dari sini
kita paham apa yang sebaiknya kita twit, bisa menyesuaikan dengan karakteristik
mereka.
Jadilah
manusia
Orang
tidak mau berkomunikasi dengan brand atau produk, mereka hanya bicara dengan
sesama manusia. Maka posisikan dirimu sebagai manusia, bukan produk. Walau
menggunakan nama akun yang mewakili produk, tetaplah bersikap manusiawi, tidak
kaku, komunikatif, dan interaktif dengan audiens di Twitter. Dengan begitu
mereka akan lebih dekat dengan Anda.
Membangun
percakapan
Beberapa
perusahaan sering bersikap kaku, menjalankan akun Twitter dengan komunikasi
satu arah saja alias monolog. Padahal di Twitter kita bisa lebih interaktif
dengan pelanggan dan calon pelanggan. Buatlah percakapan yang menarik, sehingga
kita tahu apa harapan mereka pada produk kita, apa yang sedang tren, dan
sebagainya.
Promosikan
seorang ambassador
Cari
seorang user Twitter yang sangat aktif, memiliki koneksi luar, dan memiliki
pengaruh cukup besar di komunitasnya. Jadikan ia brand ambassador untuk produk
kita di Twitter. Ini akan sangat membantu pemasaran produk kita.
Punya
sesuatu untuk ditawarkan
Orang
tidak akan follow sebuah akun yang pasif, tidak menawarkan apa-apa. Maka
cobalah untuk membuat program penawaran yang menaril. Bisa berupa kuis
berhadiah, beri mereka info-info terkini yang berguna seperti tips, advis, dan
banyak lagi.
Twitkan
web Anda
Kita
tak mungkin mentwit semua informasi tentang produk kita, tapi bisa diakali
dengan member link ke website Anda. Dengan demikian audiens akan tahu bahwa
Anda mempromosikan suatu produk yang memang kompeten, memiliki web resmi, dan
tidak main-main dalam bisnis ini. Twitlah setiap kali ada update baru di web
Anda. Sebaliknya, tampilkan pula timeline dan akun Twitter Anda di website,
agar nampak interaktif.
Lacak
percakapan
Sudah
mendapatkan pelanggan atau calon pelanggan potensial? Rajinlah menyimak percakapan
mereka di Twitter. Dengan begitu Anda bisa tahu tren apa yang sedang hot, apa
harapan dan keinginan mereka, atau siapa tahu sedang membahas tentang produk
Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar