Membidik Target Pasar
Ketatnya
persaingan pasar dan maraknya peluang bisnis baru yang bermunculan, mendorong
para pengusaha maupun pelaku pasar untuk lebih jeli dan teliti dalam membidik
calon konsumennya. Mengapa begitu? Sebab, dengan membidik target pasar yang
jelas, sebuah perusahaan bisa menentukan produk apa saja yang akan mereka
pasarkan dan menyesuaikan keunggulan produknya dengan kebutuhan dan keinginan
para konsumen.
Tentu
ini sangatlah penting dalam menjalankan strategi pemasaran, mengingat target
pasar merupakan sekelompok prospek (calon konsumen) yang memiliki daya beli
cukup tinggi bahkan bisa dikatakan sangat potensial untuk mendatangkan
transaksi penjualan bagi bisnis Anda. Jadi, tidaklah heran bila sebagai pelaku
usaha Anda perlu membidik target pasar dengan baik untuk mendatangkan untung
besar bagi perusahaan yang Anda jalankan.
Nah,
agar para pemula maupun pelaku usaha tidak salah dalam membidik target pasar. Berikut
ini kami informasikan beberapa tips pemasaran membidik target pasar dengan
bijak yang perlu Anda perhatikan sebelum menjalankan strategi pemasaran.
Tips
pertama, pastikan bila target pasar yang Anda bidik cukup spesifik. Banyak
pengusaha yang mengikrarkan bahwa produknya cocok untuk digunakan semua
kalangan, padahal yang dimaksudkan “semua kalangan” tentunya sangat luas.
Sehingga untuk memenangkan persaingan pasar, Anda perlu menentukan target pasar
yang lebih spesifik untuk mengoptimalkan keunggulan produk Anda. Misalnya saja
Anda membidik kalangan remaja putri untuk memasarkan produk fashion, maka Anda
memiliki calon pelanggan yang cukup jelas sehingga bisa mengoptimalkan kualitas
produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan remaja putri yang Anda bidik.
Tips
kedua, bila perlu bidik target pasar yang Anda kenali. Untuk memenangkan
persaingan pasar, tentunya Anda harus mengenal terlebih dahulu pangsa pasar
yang hendak Anda bidik. Dengan begitu, Anda bisa memahami betul apa saja
kebutuhan dan keinginan konsumen di lapangan. Contohnya saja bila Anda seorang
ibu rumah tangga yang merintis bisnis rumahan, maka tidak ada salahnya jika
kemudian Anda membidik target pasar dari kalangan ibu rumah tangga pula.
Strategi ini terbilang cukup efektif, karena sebagai sesama ibu rumah tangga
tentunya Anda benar-benar memahami kebutuhan dan keinginan yang banyak dicari
calon konsumen.
Tips
ketiga, utamakan target pasar yang terjangkau. Meskipun sekarang ini peran
internet cukup memudahkan pelaku usaha untuk menembus jarak dan waktu dengan
cara yang terbilang mudah dan juga murah. Namun sebaiknya Anda mengutamakan
target pasar yang mudah dijangkau (lokal) sebelum akhirnya melakukan ekspansi
ke pasar nasional maupun internasional yang jangkauan pasarnya lebih luas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar