Selling Skill Untuk Online Shop
Interaksi
Dengan Calon Pembeli
Agar
calon pembeli percaya pada toko Anda, sertakan kontak person yang jelas.
Pastikan pula kontak person Anda mudah dihubungi dan selalu ramah menjawab
detail pertanyaan dari konsumen. Tak hanya berupa nomor telepon, kontak person
bisa berupa email agar konsumen makin mudah berinteraksi dengan
Anda.Kepercayaan konsumen juga meliputi sikap positif Anda ke mereka. Jika Anda
jujur dan ramah pada mereka, niscaya pelanggan tak akan kabur ke “tetangga”.
Jangan pernah membohongi pelanggan tentang kualitas produk Anda. Dan, jangan
pula mengumbar janji palsu kepada konsumen. Sertakan testimoni di website atau
channel bisnis online anda.
Testimoni
Testimoni
yang jujur dari konsumen Anda adalah jalan pintas membangun kepercayaan toko
online Anda. Tulislah testimoni dari pembeli Anda dimanapun Anda bisa. Tulis
pada bagian deskripsi produk atau toko online Anda, jadikan tweet testimoni
pembeli Anda sebagai favorite di Twitter. Foto atau ambil screenshot tulisan
testimoni dari BB. Tanya, minta, bujuk pembeli Anda untuk menuliskan testimoni
mereka. Jangan, sekali lagi jangan pernah membuat testimoni palsu (Anda sendiri
yang menulis testimoni toko Anda.) Pembeli di era informasi sekarang ini sangat
cerdas, mereka akan mengatahui cepat atau lambat jika Anda berbohong.
Tangani Komplain
Tangani setiap komplain konsumen dengan baik. Sebagai teman yang baik
bagi setiap konsumen Anda, ketika mendapati sebuah komplain sebaiknya hadapilah
dengan kepala dingin dan jadilah solusi terbaik bagi permasalahan mereka.
Selesaikan segera dengan cara yang terbaik, agar kekecewaan mereka bisa segera
terobati dan tidak menimbulkan permasalahan baru bagi perusahaan yang Anda
jalankan.
Giatkan
Promosi
Sebagian
besar toko online menggunakan jejaring sosial sebagai medium promosi. Hal itu
boleh saja dilakukan, asalkan jangan sampai mengganggu pelanggan. Misalnya,
jangan terlalu sering menandai pelanggan di gambar produk terbaru Anda.
Pasalnya, sering ada pelanggan yang tidak nyaman dengan taggingdi akun Facebook
, mention di Twitter ataupun dengan broadcast message di black berry. Buatlah
fanpage, group di black berry untuk memberikan update terbaru pada pelanggan.
Harus
Memiliki Sikap Yang Baik
Saat
Anda memutuskan membuat toko online, Anda harus siap dengan konsekuensi menjadi
situs milik publik. Artinya, setiap gerak-gerik Anda diamati oleh orang lain.
Anda perlu menjaga sikap dan kata-kata. Buat toko online Anda menjadi
menyenangkan untuk dikunjungi konsumen. Gunakan kata-kata persuasif yang
berkesan positif, kurangi mengeluh dan jangan sampai mengungkapkan kata-kata kasar.
Jika ada pelanggan yang komplain. tanggapi dengan ramah dan ajak berdiskusi
secara intern, jangan di akun toko online Anda. Jangan mengambil risiko dengan
melakukan hal-hal yang tidak bertanggungjawab, karena akan merusak citra dari
toko online Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar