Kisah Sukses Enzo
Ferrari
Enzo
Ferrari dilahirkan 18 Februari 1895 di Modena, Italia. Usia 15 tahun meninggalkan sekolah dan
mendapat pekerjaan sebagai tukang bubut pada dinas pemadam kebakaran di
Modena. Selama Perang Dunia I, ia
bekerja memasang tapal kedelai untuk resimen pasukan Alpen. Setelah perang usai, ia mencoba mendapatkan
pekerjaan baru, mengetes mobil yang dipergunakan dalam perlombaan-perlombaan
pada pabrik mobil kecil. Ternyata ia
seorang pembalap yang mahir.
Pada
1920, Alfa Romeo menariknya untuk tim balap mereka. Setelah menang balapan dekat Revenna, Graaf
Francesco Baracca, seorang penerbang pesawat pemburu yang tertembak dalam
Perang Dunia I, minta pada Ferrari untuk mengenakan emblim penerbang almarhum
anak laki-lakinya. Disain emblim itu berupa kuda hitam yang melonjak, dilukis
pada latar belakang kuning. Di sirkuit
balap dan di jalan-jalan raya di seluruh dunia, emblim itu disegani dan
dikagumi.
Ketika
Alfa pada 1924 menarik diri dari dunia balap, Ferrari menjadi penyalur bagi
Alfa Romeo di Modena dan mendirikan tim balap sendiri, Seunderia Ferrari. Ia mulai sibuk dengan rancangan-rancangan dan
pembuatan mobil-mobil baru. Ia lebih
banyak berbuat dari pada berpacu di sirkuit.
Sebagai seorang direktur, sekaligus penjual dan pengajar akal budi,
menurut beberapa rekannya ia spion industrial dan sangat dibutuhkan.
Pada
1939, setelah menjadi pemimpin tim balap Alfa, ia keluar setelah cekcok dengan
insinyur kepala perusahaan. Ia
mendirikan perusahaan teknik sendiri.
Selama Perang Dunia II, ia membuat mesin-mesin pesawat terbang ringan
dan peralatan lain.
Setelah
perang usai, tahun 1947, Ferrari membuat mobil-mobil balap Ferrari yang pertama
di dunia, yaitu 125 S. Mobil yang
digerakkan oleh sebuah mesin V-12-1500 cc dan sangat menarik perhatian. Pada 1951, sebuah Ferrari 375 F1 merah
memenangkan Grand Prix Inggris di Silverstone.
Ini merupakan lembaran baru dalam sejarah dunia balap mobil.
Pabrik
Ferrari memproduksi 3.500 mobil sport setahun.
80 persen diantaranya diekspor.
Keuntungannya lebih dari 12 milyar Lire.
Semua model produksi berasal dari mobil balap Formula 1. Setiap mobil yang keluar dari pabrik di
Marranello, 20 kilometer selatan Modena, dirakit dengan teliti. Pabrik Ferrari membuat 70 persen onderdil
buat mobilnya sendiri. Hanya onderdil
seperti ban-ban, kaca dan peralatan elektronik yang didatangkan dari luar.
Demikianlah
kisah sukses Enzo Ferrari dalam industri mobil balap dunia. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk
mengikuti jejak langkahnya sebagai pengusaha sukses dan tangguh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar