Personal
Branding Untuk Meyakinkan Para Konsumen
Bagi
seorang pelaku usaha, membangun sebuah reputasi dan menjaga nama baik tentunya
menjadi salah satu kewajiban utama mereka untuk mendukung kelancaran pemasaran
bisnisnya. Melalui strategi personal branding, seorang pelaku usaha dapat
membangun citra (image) dan identitas diri tertentu untuk mempengaruhi orang
lain agar memiliki persepsi dan pandangan yang positif terhadap karakter, kepribadian, kemampuan,
penampilan, maupun penawaran yang disampaikan.
Apabila
brand image yang dimiliki pelaku usaha sudah cukup kuat, maka konsumen pun akan
lebih percaya dengan kemampuan bisnis yang dijalankannya dan tidak ragu lagi
untuk membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan.
Karena
itu, untuk membantu Anda meyakinkan para konsumen. Berikut adalah beberapa
strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan untuk membangun personal branding
dari sekarang.
Mulailah dengan
menonjolkan kelebihan yang Anda miliki
Untuk
memancing rasa penasaran para pelanggan, tentunya Anda harus menonjolkan
kelebihan dan kekuatan yang Anda miliki. Jadilah orang yang ahli di suatu
bidang yang benar-benar Anda minati, dan yakinkan para pelanggan Anda bahwa
nilai lebih yang tersimpan dalam diri Anda tidak dimiliki oleh orang lain di
sekitar Anda. Kenali minat, bakat, keahlian, kemampuan, serta keunggulan Anda
dari sekarang, dan teruslah mengasahnya untuk memperkuat personal branding yang
sedang Anda rintis. Misalnya saja seperti kesuksesan Hermawan Kartajaya yang
berhasil membangun personal branding dengan baik, sehingga sekarang ini
dinobatkan sebagai pakar pemasaran di kancah internasional dan menjadi salah satu 50 Gurus Who Have Shaped The
Future of Marketing.
Selalu aktif mempromosikan
diri Anda
Selain
membangun kekuatan untuk menonjolkan nilai lebih yang Anda miliki, strategi
berikutnya yang bisa dijalankan yaitu selalu aktif dalam mempromosikan diri
Anda. Contohnya saja dengan rutin membuat artikel di blog perusahaan Anda,
mengisi kolom konsultasi di majalah bisnis dan lain sebagainya, membuat buku
mengenai keahlian yang Anda miliki, mempromosikan kemampuan Anda melalui sosial
media, mulai aktif menjadi nara sumber di berbagai macam kegiatan seminar
maupun workshop, memperluas jaringan bisnis baik secara online maupun offline,
memanfaatkan tanda pengenal seperti KTP, kartu nama, papan nama, foto dan lain
sebagainya agar orang-orang di sekitar Anda mulai familiar dengan figur Anda.
Ciptakan sesuatu yang
berbeda
Sesuatu
yang unik tentunya akan lebih mudah diingat oleh setiap orang. Karena itu, ciptakan
ciri khas tertentu atau sebuah keunikan baru yang membedakan diri Anda dengan
orang lain maupun para kompetitor Anda. Hal ini penting, sebab sesuatu yang
berbeda pastinya akan menarik perhatian konsumen sehingga mereka tidak
sungkan-sungkan untuk mencari banyak informasi mengenai bisnis yang Anda
jalankan maupun produk dan jasa yang Anda tawarkan. Contoh sederhana bisa Anda
lihat dari kepopuleran istilah “Salam Super” yang sengaja digunakan Mario Teguh
untuk memperkuat personal branding yang Ia bangun.
Tingkatkan
kualitas bukan hanya memikirkan keuntungan
Untuk
bisa mengambil hati para konsumen, yang terpenting adalah menjaga kualitas dan
berusaha meningkatkan pengetahuan serta kemampuan Anda untuk memenuhi
permintaan para konsumen. Hal ini perlu diperhatikan agar kepercayaan konsumen
semakin terjaga dan tidak menganggap Anda sebagai seorang pelaku usaha yang
bekerja secara profesional hanya berdasarkan besarnya keuntungan yang
dijanjikan (money oriented).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar