Pemahaman Segmentasi Pasar Dalam Marketing
Marketing merupakan bidang, ilmu, tantangan dan segalanya bagi bisnis, walau marketing tidak hanya ada di dunia bisnis, karena sebenernya setiap orang
secara personal memarketingking diri sendiri. Perbedaannya adalah
ekpektasi/harapan dan metode nya.
Materi “marketing untuk orang awam “ sengaja saya hadirkan agar semua istilah dalam web ini dipahami oleh segala lapisan masyarakat.
Materi “marketing untuk orang awam “ sengaja saya hadirkan agar semua istilah dalam web ini dipahami oleh segala lapisan masyarakat.
Segmentasi yang terjemahan dari
Segmentation adalah kegiatan atau bentuk kegiatan membagi-bagi pasar yang
bersifat heterogen menjadi satuan-satuan pasar yang homogen.
Manfaat dari segmentasi pasar ini agar menajemen dapat melakukan kegiatan pemasaran yang efisien dan efektif. Ambil sebuh contoh untuk sebuah produk obat batuk anak-anak akan efektif jika mengiklannya berbarengan dengan even TV baik offline maupuan online, misal PILDACIL, IDola Anak dan lain-lain yang setipe. Coba jika promosi dilakukan ke pasar-pasar tradisional yang notabene konsentrasi personal tidak tertuju pada kepentingan anak semata, bisa saja pengunjung danpedangan pasar sedang memikirkan bagaimana menjual barang, membayar hutang dll.
Manfaat dari segmentasi pasar ini agar menajemen dapat melakukan kegiatan pemasaran yang efisien dan efektif. Ambil sebuh contoh untuk sebuah produk obat batuk anak-anak akan efektif jika mengiklannya berbarengan dengan even TV baik offline maupuan online, misal PILDACIL, IDola Anak dan lain-lain yang setipe. Coba jika promosi dilakukan ke pasar-pasar tradisional yang notabene konsentrasi personal tidak tertuju pada kepentingan anak semata, bisa saja pengunjung danpedangan pasar sedang memikirkan bagaimana menjual barang, membayar hutang dll.
Contoh kedua. Ketika anda menjabat sebagai
marketing excutive sebuah perusahaan real estate dengan produk perumahan yang
mewah dengan rata-rata harga rumah 2 Miilyar, tentu kurang efektif jika anda
melakukan promosi saat ada kegiatan Musik dan Band lembaga mahasiswa.
Manfaat lain dari segmentasi pasar:
1.
Membantu manajemen dalam merencanakan dan
menentukan produk dan layananan yang sesuai dengan permintaan pasar Dapat
memilah-milah media promosi yang efektif untuk dapat masuk ke
masing-masing segmen pasar. Misal Radio efektif untuk kaum pinggiran dan
pedesaan, Koran untuk karum terpelajar dan kantoran.
2.
Membantu bidang keungan dalam perencanaan
anggaran dan evaluasi penggunaan anggaran.
3.
Membantu manajemen menentukan timing dan
momentum yangtepat untuk kegiatan perusahaan terutama kegiatan berbasis
marketing, misal pameran, bhakti social, iklan offline, aktifitas off air.
Contoh model pengelompokan dalam segmentasi pasar yang umum sebagai
berikut:
1.
Dibagi atas dasar Umur
2.
Dibagi atas dasar Jenis Kelamin
3.
Dibagi atas dasar Siklus Kehidupan
4.
Dibagi atas dasar Pekerjaan
5.
Dibagi atas dasar PEndapatan
6.
Dibagi atas dasar Pendidikan
7.
Dibagi atas dasar Pekerjaan
8.
Dibagi atas dasar Opini, Sikap dan
Kepribadian.
Contoh model tersebut ditas dapat pula dikelompokan dari faktor diatasnya
misal:
1.
Faktor demografi, faktor yang ditentukan
dari “siapa yang membeli/transaksi”
2.
Faktor Psikografi, faktor yang ditentukan
oleh “mengapa mereka membeli/transaksi”
3.
Faktor Perilaku, faktor yang ditentukan
oleh “bagaimana mereka membeli/transaksi”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar