Selasa, 11 Desember 2012

Marketing Plan

Marketing Plan







A.   Tentukan Target

1.    Disini tentukan tujuan dari marketing plan, apakah tujuan kira ke brand awareness atau branding.

2.    Tentukan target penjualan.

3.    Target konsumen.

4.    Tentukan periodenya.

5.    Target yang telah kita buat harus ditulis.

B.   Analisa SWOT


1.    Cari tahu kekuatan ( Strength ).

2.    Cari tahu kelemahan ( Weakness ).

3.    Cari tahu peluang ( Opportunity ).

4.    Cari tahu ancaman ( Threat ).

C.   Tentukan Segmentasi, Defferensiasi, dan Positioning

1.    Tentukan Segmen.

2.    Jadikan segmen sebagai fokus.

3.    Tentukan Defferensiasi / Unit Selling Point produk / jasa yang akan kita jual.

4.    Tentukan positioning produk / jasa yang akan kita jual.

D.   Marketing Mix

1.    Produk
Lakukan survei produk, analisis tentang kelebihan produk, variasi, kemasan, dll.

2.    Price
Lakukan survei harga. Dalam penentuan harga harus profit. Siapkan strategi seperti diskon atau awal murah lalu naik pelan – pelan.

3.    Promotion
Siapkan strategi promosi bisa melalui online dan offline. Tapi diliat juga segmennya, jangan sembarangan melakukan promosi.

4.    Place
Siapkan tempat yang sesuai dengan target untuk mendistribusikan barang / jasa. Tempat tidak harus bangunan, bisa saja lewat online juga.

E.    Persiapan Penjualan

1.    Siapkan target penjualan. Jangan lupa ditulis.

2.    Periode yang spesifik dan tentukan area penjualan.

3.    Tentukan produk / jasa yang akan dijual.

4.    Training tim /  mempersiapkan tim.

F.    Pensiapan Anggaran

Siapkan budget. Gunakan biaya dengan seefektif mungkin dari masalah produk/jasa, distribusi, gaji karyawan, dll.

G.   Monitor dan Evaluasi

Monitor dan Evaluasi setiap strategi yang digunakan. Evaluasi bagian penjualan, produksi, distribusi, dll.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar