Hal Penting Dalam Perencanaan Penjualan
Perencanaan penjualan merupakan bagian
yang paling penting dalam keberhasilan usaha. Perencanaan penjualan yang
diterapkan harus dijalankan dan dipatuhi, jika tidak maka tidak ada gunanya dan
hanya menghabiskan waktu.
Perencanaan penjualan
melingkupi 2 komponen besar : strategi penjualan dan taktik menjual. Strategi
dan taktik biasanya digunakan untuk menjelaskan rencana dalam sebuah perang.
Strategi adalah tentang perang itu sendiri apa yang menjadi tujuan yang ingin dicapai
dan ajang pertempuran mana yang akan dipilih. Taktik menentukan bagaimana
pertempuran individu terjadi. Jadi di dalam aturan bisnis, strategi
berbicara bagaimana cara agar orang tahu produk kita, sementara taktik
berbicara tentang melakukan banyak pertemuan dengan calon pelanggan, memasang
iklan, dan penjualan langsung ( direct selling).
Perencanaan penjualan dijabarkan lebih
lanjut dalam strategi baru dalam pengembangan bisnis dan strategi yg
sedang dijalankan ( misal menjual produk tambahan ke orang yang sudah menjadi
pelanggan kita). Ke empat hal diatas menciptakan sebuah kerangka berpikir bagi
perencanaan penjualan. Kita bisa memilih mana yang akan kita prioritaskan lebih
dahulu. Memaksimalkan pelanggan yang sudah ada atau berusaha untuk mendapatkan
pelanggan baru. Ada baiknya jika anda meluncurkan produk terbaru maka
komunikasikan lebih dahulu kepada pelanggan lama anda.
Sebelum anda membuat
perencanaan penjualan, maka anda harus akrab dengan tiga hal ini ; quota
penjualan, wilayah penjualan dan jaringan produk dan pelayanan. Mengerti
tentang qouta penjualan menolong kita untuk membuat perencanaan yang bisa kita
raih. Wilayah penjualan membuat kita bekerja efektif dan efisien. Jaringan
penjualan dan pelayanan memungkinkan kita untuk menentukan apa yang dibutuhkan
oleh pelanggan kita dan dengan jelas membuat kita bisa menentukan seberapa
banyak yang bisa kita jual.
Perencanaan penjualan
yang terbaik pun pasti butuh evaluasi secara berkala. Perubahan kuota, jaringan
produk dan pelanggan di produk kita membutuhkan banyak penyesuain terhadap
perencanaan penjualan. Sebaiknya evaluasi rencana penjualan anda selama 3 bulan
sekali dan tentukan jika anda perlu perubahan. Karena perencanaan penjualan
adalah sesuatu yang sifatnya dinamis dan selalu berkembang.
Sumber :
http://sales.about.com/od/salesplanofaction/a/Elements-Of-A-Great-Sales-Plan.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar