Tips Pemasaran
Bersaing Dengan Brand Besar
Pengusaha
kecil sekarang ini dituntut lebih kreatif dan inovatif untuk mengembangkan
usahanya. Selain harus memikirkan kelangsungan bisnisnya, mereka juga harus
bisa bersaing dengan brand yang sudah besar. Sebenarnya, dalam kualitas produk,
barang yang dihasilkan pelaku UKM tidak kalah bersaing dengan brand besar, yang
membedakan hanyalah pangsa pasar.
Pengusaha
dengan brand besar sudah memiliki nama sehingga dengan mudah mereka menarik
hati pelanggan. Karenanya para pelaku UKM harus pandai untuk melihat peluang
pasar tersebut sehingga bisa bersaing dengan pengusaha dengan brand yang sudah
besar. Tak jarang pengusaha kecil merasa tidak mampu untuk menyaingi para
pengusaha dengan brand besar. Padahal kesempatan bersaing untuk pengusaha kecil
juga masih terbuka lebar, peluang meraih pangsa pasar bisa mereka dapatkan
dengan membuat strategi untuk mengembangkan
usahanya. Lalu, strategi pemasaran seperti apa yang perlu dijalankan para
pelaku UKM?
Berikut
kami informasikan tips pemasaran bersaing dengan brand besar yang bisa
dijalankan dari sekarang!
1.
Mengobservasi persaingan
Tidak
selamanya persaingan pasar berdampak buruk bagi usaha kita. Kadang dari
kompetitor kita bisa melihat dan belajar kiat-kiat sukses atau peluang usaha
apa yang bisa kita contoh dan bisa kita kembangkan untuk usaha kita. Yang tidak
kalah pentingnya Anda juga perlu mengobservasi perbandingan kisaran harga agar
dapat memiliki peluang menggapai segmen pasar yang sesuai. Observasi barang
atau harga lewat internet akan lebih mudah dan praktis, Anda bisa dengan mudah
mencari dan menemukan sesuatu yang Anda inginkan.
2.
Tampil Unik dan Menarik
Kreatifitas
dan inovasi menghadirkan sebuah produk yang unik. Ini merupakan poin yang
sangat penting untuk menarik minat pelanggan. Produk yang terlihat unik dan
menarik akan lebih banyak mengundang minat pelanggan dibandingkan dengan produk
yang tampilannya biasa-biasa saja. Pelanggan akan lebih suka dan bahkan kembali
lagi untuk menikmati produk kita jika tampilannya lebih menarik.
3.
Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan
Menjaga
hubungan baik dengan pelanggan menjadi salah satu kunci sukses berbisnis.
Kepuasan pelanggan akan memberikan dampak yang positif terhadap kelangsungan
suatu usaha. Jika pelanggan merasa puas dengan produk yang kita tawarkan maka
kemungkinan besar mereka akan menikmati kembali produk kita dan tentunya secara
tidak langsung akan menjadi media promosi bagi bisnis kita.
Hubungan
yang baik dengan pelanggan perlu dijaga untuk menjaga loyalitas para konsumen
dan meningkatkan omzet penjualan. Banyak pelanggan yang enggan kembali dan
tidak loyal dengan suatu produk karena mereka mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan. Contohnya jika para
pelaku brand besar menggunakan customer care untuk berkomunikasi dengan
konsumen, Anda bisa berkomunikasi langsung dengan konsumen saat mereka menikmati
produk kita atau bisa Anda follow up lewat handphone ataupun sosial media yang
Anda gunakan.
Meskipun
modal Anda tidak sebesar modal para pelaku usaha dengan brand besar, namun
tidak menutup kemungkinan bila Anda dapat bersaing dengan mereka.
Sumber
: http://bisnisukm.com/tips-pemasaran-bersaing-dengan-brand-besar.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar