Membuat Tagline
(Slogan)
Tagline
atau slogan menjadi elemen penting yang mencerminkan keunikan produk atau
bisnis anda. Tagline akan menjadi salah satu pemantik yang membuat usaha anda
lebih cepat dikenal oleh pangsa pasar. Sebuah tagline adalah sekumpulan frase
atau baris kata yang dapat mewakili identitas, posisi, dan keunggulan dari
produk atau bisnis yang disusun secara atraktif agar dapat menarik konsumen.
Apa saja yang harus diperhatikan dalam menciptakan sebuah tagline atau slogan
(motto) usaha:
1.
Mengesankan & Mudah Diingat (Memoriable)
Sebuah
tagline yang bagus adalah dapat menciptakan kesan tersendiri yang dirasakan
oleh konsumen. Tagline hendaknya dibuat agar mudah diingat dan diucapkan,
sehingga mempunyai power branding yang kuat.
2.
Singkat & Jelas
Tagline
atau Slogan bisnis yang efektif adalah slogan yang dibuat dengan kalimat
sederhana, singkat, namun mudah dipahami.
3.
Mencerminkan Personality
Tagline
yang powerfull adalah slogan yang dapat mencerminkan hal yang special pada
bisnis anda, sehingga konsumen merasakan ada hal yang berbeda terhadap produk
atau usaha yang sejenis dari para kompetitor anda. Oleh karena itu, buatlah
tagline yang original.
4.
Mendeskripsikan Keunggulan
Agar
lebih efektif dalam menjaring konsumen, tagline juga harus mencitrakan
keunggulan pada produk atau usaha anda.
5.
Berkorelasi
Tagline
/ slogan yang mudah diterima dan berkesan di mata konsumen harus berkolerasi
dengan jenis produk atau bisnis yang dijalankan. Misalnya Nokia dengan tagline
"Connecting People", merupakan salah satu contoh slogan yang
berkolerasi terhadap produknya, yaitu handphone.
6.
Memiliki Nilai & Mengandung Makna
Sebuah
tagline juga hendaknya mempunyai nilai atau makna yang tersirat dalam
kata-katanya. Selain itu, dapat mengisyaratkan seperti apa visi dan janji yang
diwujudkan perusahaan. Misalnya perusahaan Olympus dengan slogannya "Your
Vision, Our Future".
7.
Atraktif (Magentik) & Berirama
Tagline
diciptakan untuk menjadi salah satu daya tarik (magnetik) bagi konsumen. Agar
lebih powerfull, biasanya diwujudkan dalam bentuk jingle. Sedangkan di
Indonesia, tagline yang bagus juga harus memiliki rima yang tepat, seperti rima
pantun untuk tagline yang terdiri dari dua frase. Misalnya tagline situs jual
beli Berniaga, "Jualnya gampang, Belinya senang", sajak rimanya
adalah a-a (gampang dan senang)
Sumber
: http://www.kerjausaha.com/2013/03/membuat-tagline-slogan-untuk-bisnis-anda.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar