Promosi Toko Online
Agar
kedepannya bisnis toko online Anda tak kalah bersaing dengan bisnis toko online
milik para kompetitor, berikut ini kami informasikan beberapa poin penting yang
perlu diperhatikan para pelaku usaha untuk mendatangkan keuntungan cukup besar
dari bisnis online yang dijalankan.
Lalu,
apa saja poin penting tersebut? Mari kita simak bersama beberapa tips
mempersiapkan promosi bisnis toko online yang perlu Anda perhatikan dari
sekarang.
1.
Apa Tujuan Promosi Anda?
Langkah
pertama yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan kegiatan promosi adalah
menentukan tujuan atau hasil yang ingin didapatkan dari program promosi
tersebut. Tujuan tersebut bisa terbagi menjadi dua, yaitu tujuan primer dan
tujuan sekunder.
Tujuan
primer merupakan jawaban atas pertanyaan “Mengapa Anda harus melakukan promosi
ini?”. Sedangkan, tujuan sekunder merupakan keuntungan-keuntungan tambahan yang
bisa Anda dapatkan jika melakukan promosi toko online.
2.
Siapa yang akan menikmati promosi tersebut?
Sebelum
melaksanakan kegiatan promosi, sebaiknya para penjual online juga memilih siapa
saja target pasar yang hendak mereka bidik. Meskipun memberikan promosi ke
semua orang merupakan ide yang cukup bagus, namun akan lebih efektif jika
mereka menentukan target market secara spesifik, segmen mana dari targetnya
yang bisa menikmati promosi tersebut. Contohnya saja bila Anda mempromosikan
produk khusus untuk anak-anak, maka target potensial Anda adalah para orang
tua.
3.
Kapan waktu yang Tepat untuk Berpromosi?
Para
pelaku usaha sebaiknya telah merencanakan secara matang kapan ia akan
melaksanakan kegiatan promosi. Ia juga perlu menemukan alasan yang kuat mengapa
ia memilih tanggal atau waktu tersebut untuk berpromosi. Contohnya saja bila
Anda menekuni bisnis peralatan sekolah, maka moment penting yang bisa Anda
pilih untuk mengadakan promosi yaitu ketika musim kenaikan kelas.
4.
Berapa Keuntungan yang Bisa Didapatkan?
Memberlakukan
diskon berarti mengorbankan sedikit keuntungan Anda untuk diberikan kepada para
konsumen. Karenanya jika Anda tidak keberatan, maka keuntungan yang didapat
setelah diskon akan lebih besar, karena volume permintaan barang juga lebih
tinggi dari hari-hari diluar program diskon. Untuk itu perhitungkan dengan
matang seberapa besar keuntungan yang ingin Anda dapatkan, sebelum akhirnya
memberikan diskon kepada para pelanggan.
5.
Melalui apa promosinya?
Sekarang
ini sarana promosi yang paling tepat untuk mengumumkan program promosi yang
dijalankan toko online Anda yaitu melalui email dan social media. Seorang
pelaku bisnis online bisa menetapkan tanggal berapa ia akan mengumumkan promosi
lewat email dan kapan ia akan menginformasikan lewat social media seperti
Twitter, Facebook, Google plus, dan lain sebagainya.
6.
Bagaimana Hasilnya?
Setelah
melaksanakan kegiatan promosi, maka Anda harus bisa menganalisa bagaimana hasil
akhir dari kegiatan promosi tersebut. Apakah tujuan primer dan sekunder yang
Anda tentukan sama-sama bisa tercapai? Dengan begitu para pelaku usaha bisa
mengevaluasi kegiatan promosi yang telah mereka jalankan, dan mempersiapkan
dengan matang kegiatan promosi yang akan meerka adakan pada waktu yang akan
datang.
Semoga
informasi tips bisnis toko online yang kami angkat pada pekan ini bisa
memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula di ranah maya
yang sedang bingung mempromosikan produk-produknya.
Sumber
: http://bisnisukm.com/tips-mempersiapkan-promosi-bisnis-toko-online.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar