Apa yang dicari Konsumen di Toko Online?
Berbelanja
di toko online memang mudah. Tinggal bandingkan produk, pilih, pesan, dan
barang selanjutnya akan diantar. Apa benar semudah itu?
Sepertinya
tidak, ada hal-hal yang sejatinya sangat diinginkan konsumen saat mereka
berburu suatu barang di lapak online.
Dalam
hasil penelitian Rakuten Smart Shopping Survey yang melibatkan lebih dari 2.000
konsumen online di Indonesia, Taiwan, Thailand dan Malaysia terungkap bahwa
kurang dari 25% orang di negara-negara tersebut mengklaim pernah berbelanja
tanpa penyesalan.
Namun
hampir separuh dari responden menyatakan ketidakpuasan mereka dengan belanja
online karena produk yang mereka dapatkan berbeda dibandingkan dengan yang
mereka lihat dan yakini pada saat berbelanja.
Konsumen
di Taiwan (86%) dan Indonesia (84%) adalah yang paling tidak puas dengan
pengalaman berbelanja online mereka.
Di
sisi lain, responden menyebutkan bahwa mereka membutuhkan produk-produk
berkualitas, dengan foto-foto yang lebih detail pada situsnya, mencantumkan
harga dan adanya ketentuan pengembalian barang yang baik, sebagai 4 kriteria
teratas untuk berbelanja online. Mereka juga memastikan bahwa website dan
transaksi aman sebagai hal terpenting.
Untuk
konsumen, hal ini menegaskan perlunya mengedukasi mereka mengenai apa yang
harus mereka cari. Situs e-commerce yang bagus atau marketplace terkemuka akan
memastikan keaslian setiap pesanan dan menerapkan enkripsi canggih dan
teknologi firewall untuk memastikan keamanan satu transaksi.
Survei
ini juga mengungkapkan bahwa cara pembayaran yang disukai konsumen Asia berbeda
dari satu negara ke negara lain, sehingga menekankan betapa pentingnya bagi
penjual untuk mendukung berbagai jenis pilihan pembayaran.
Kartu
kredit dan kartu debit disukai pebelanja Taiwan (57%) sementara layanan
pembayaran e-wallet paling tidak disukai (5%). Namun pebelanja online Indonesia
memiliki preferensi jelas dan akan memilih PayPal, AliPay dan layanan e-wallet
lainnya ketimbang metode pembayaran lain.
Pada
saat yang sama, preferensi konsumen Thailand hampir sama yaitu antara Cash on
Delivery (36%), kartu kredit dan debit (33%) dan layanan e-wallet (31%).
"E-commerce
menawarkan konsumen begitu banyak kenyamanan, nilai dan hiburan. Dengan menjadi
pebelanja yang cerdas, mereka dapat memaksimalkan pengalaman dan kepuasaan saat
berbelanja online," jelas Yasunobu Hashimoto, Direktur Rakuten Belanja
Online
Sumber
: http://inet.detik.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar