Strategi Menghindari Perang Harga
Bagi sebagian besar pelaku
usaha, banting harga sering kali menjadi strategi promosi yang paling
diandalkan untuk memenangkan persaingan pasar. Bahkan melihat tingkat
persaingan pasar yang semakin sengit, belakangan ini perang harga antar pelaku
usaha sudah tidak dapat dielakkan lagi di pasaran.
Tentunya kondisi ini tidak
selalu memberikan keuntungan bagi para pelaku usaha. Sebab, bagi mereka yang
tidak kuat menghadapi persaingan, hanya akan menelan pahitnya kerugian dan akan
tumbang satu persatu sebelum mendapatkan perhatian dari para konsumennya.
Nah, agar bisnis Anda tidak
terjebak dalam perang harga, berikut ini kami informasikan beberapa strategi
jitu menghindari perang harga yang bisa Anda siasati dengan menciptakan sebuah
inovasi.
1. Tawarkan sesuatu yang baru
untuk menarik minat konsumen
Untuk bisa memenangkan
persaingan pasar, pada dasarnya tidak hanya harga murah saja yang bisa Anda
tonjolkan untuk menarik minat konsumen. Strategi lainnya seperti menciptakan
sebuah inovasi baru, bisa Anda manfaatkan untuk menambahkan nilai jual produk
Anda. Contohnya saja seperti strategi pemasaran yang dipilih Unilever ketika
memasarkan salah satu produk pewangi pakaian (Molto) yang belakangan ini mulai
meluncurkan inovasi baru yakni Molto Ultra Sekali Bilas, dimana produk
ini sengaja diciptakan untuk memudahkan para konsumen agar bisa mencuci lebih
praktis dengan sekali bilas saja, serta mengajak para konsumennya untuk peduli
terhadap lingkungan dan mengurangi penggunaan air setiap harinya. Strategi ini
terbukti cukup efektif, karena banyak ibu rumah tangga yang akhirnya memilih
Molto Ultra Sekali Bilas dibandingkan produk pewangi pakaian sejenis yang
harganya relatif lebih murah.
2. Boleh banting harga untuk
moment istimewa
Bila pesaing lainnya sengaja
menurunkan harga dalam waktu yang relatif lama (bahkan untuk selamanya), maka
Anda bisa melakukan banting harga dengan istilah keren “promo spesial” di
moment-moment istimewa. Contohnya saja dengan memberikan promo khusus selama
satu minggu menjelang lebaran (H-7) bagi para member setia Anda, atau bisa juga
menawarkan promo besar-besaran selama musim liburan kenaikan kelas bagi para
konsumen pelajar yang berprestasi di sekolahnya. Strategi pemasaran seperti ini
tentunya cukup diminati para konsumen, sehingga tidak menutup kemungkinan bila
penjualan produk Anda bisa melesat tanpa harus menanggung kerugian besar.
3. Membidik segmen pasar yang
spesifik
Selain menciptakan inovasi
baru, Anda bisa menghindari perang harga dengan membidik segmen pasar baru yang
lebih spesifik. Strategi inilah yang sekarang mulai dikembangkan produsen
deterjen Attack, dimana merek tersebut memanfaatkan kebangkitan batik Indonesia
dengan meluncurkan produk baru (Attack Batik Cleaner) untuk membidik para
pemakai batik yang membutuhkan sabun cuci khusus agar tidak merusak bahan kain
batik yang Ia miliki. Meskipun segmen pasarnya hanya terbatas, namun bila
dikembangkan dengan serius bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar.
Sumber :
http://bisnisukm.com/strategi-jitu-menghindari-perang-harga.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar