Senin, 28 Januari 2013

Tips Marketing Di Twitter

Tips Marketing Di Twitter




Menjalankan marketing melalui Twitter, mengapa tidak? Banyak perusahaan, mulai dari yang besar, hingga menengah, dan start up, menjalankan strategi marketing melalui mikroblog ini.

Berbeda dengan ber-marketing-ria di blog atau Facebook, ada tips khusus untuk Twitter. Pembatasan 140 karakter postingan sekali twit membuat kita harus mampu menyampaikan pesan secara efektif. Keuntungannya, kita dapat langsung menerima respon dan berinteraksi dengan audiens.

Berikut ada 7 tips sederhana menjalankan marketing di Twitter:

Kenali “tetangga” Anda
Twitter itu seperti sebuah komunitas nyata, dan setiap komunitas punya “aturan main”. Sebelum mulai ngetwit, kenali siapa saja tetangga atau follower, dan orang-orang  yang kita follow. Dari sini kita paham apa yang sebaiknya kita twit, bisa menyesuaikan dengan karakteristik mereka.

Jadilah manusia
Orang tidak mau berkomunikasi dengan brand atau produk, mereka hanya bicara dengan sesama manusia. Maka posisikan dirimu sebagai manusia, bukan produk. Walau menggunakan nama akun yang mewakili produk, tetaplah bersikap manusiawi, tidak kaku, komunikatif, dan interaktif dengan audiens di Twitter. Dengan begitu mereka akan lebih dekat dengan Anda.

Membangun percakapan
Beberapa perusahaan sering bersikap kaku, menjalankan akun Twitter dengan komunikasi satu arah saja alias monolog. Padahal di Twitter kita bisa lebih interaktif dengan pelanggan dan calon pelanggan. Buatlah percakapan yang menarik, sehingga kita tahu apa harapan mereka pada produk kita, apa yang sedang tren, dan sebagainya.

Promosikan seorang ambassador
Cari seorang user Twitter yang sangat aktif, memiliki koneksi luar, dan memiliki pengaruh cukup besar di komunitasnya. Jadikan ia brand ambassador untuk produk kita di Twitter. Ini akan sangat membantu pemasaran produk kita.

Punya sesuatu untuk ditawarkan
Orang tidak akan follow sebuah akun yang pasif, tidak menawarkan apa-apa. Maka cobalah untuk membuat program penawaran yang menaril. Bisa berupa kuis berhadiah, beri mereka info-info terkini yang berguna seperti tips, advis, dan banyak lagi.

Twitkan web Anda
Kita tak mungkin mentwit semua informasi tentang produk kita, tapi bisa diakali dengan member link ke website Anda. Dengan demikian audiens akan tahu bahwa Anda mempromosikan suatu produk yang memang kompeten, memiliki web resmi, dan tidak main-main dalam bisnis ini. Twitlah setiap kali ada update baru di web Anda. Sebaliknya, tampilkan pula timeline dan akun Twitter Anda di website, agar nampak interaktif.

Lacak percakapan
Sudah mendapatkan pelanggan atau calon pelanggan potensial? Rajinlah menyimak percakapan mereka di Twitter. Dengan begitu Anda bisa tahu tren apa yang sedang hot, apa harapan dan keinginan mereka, atau siapa tahu sedang membahas tentang produk Anda.

Strategi Starbucks


Strategi Starbucks





Kesuksesan bisnis kedai kopi Starbucks yang belakangan ini mulai mengusai pasar Indonesia, ternyata memberikan angin segar bagi para pemula yang ingin terjun menekuni bisnis serupa. Daya beli konsumen yang semakin membaik dan bergesernya gaya hidup masyarakat yang cenderung lebih modern, menjadikan prospek pasar bisnis kedai kopi di Indonesia semakin hari kian bersinar terang.

Kondisi ini bisa kita lihat dari menjamurnya bisnis warung kopi, kedai kopi, ataupun café-café mewah yang menjajakan aneka menu minuman kopi. Besarnya minat konsumen, dan tingginya keuntungan yang dijanjikan, turut mendorong peningkatan jumlah pemain di bisnis minuman beraroma khas ini, sehingga tidak heran bila persaingan pasarnya pun sekarang ini juga berkembang cukup pesat.

Karenanya, jika Anda berminat terjun menekuni bisnis kedai kopi, ada baiknya bila Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini :

1. Buatlah konsep bisnis yang sesuai dengan segmen pasar Anda.

Seperti kita ketahui bersama, kesuksesan bisnis kedai kopi tidak hanya dipengaruhi oleh keahlian sang barista dalam menyajikan racikan kopi. Namun juga dipengaruhi oleh konsep bisnis yang mereka usung untuk menarik calon konsumennya. Sebab, komunitas-komunitas yang ada di sekitar Anda menjadi target pasar yang cukup potensial untuk dibidik.

Strategi pemasaran seperti inilah yang mulai diusung “Kedai Mang Tuwuk” yang berlokasi di Jogja, dimana sang pemilik kedai sengaja menghadirkan ratusan buku bacaan untuk memanjakan konsumennya yang rata-rata adalah para mahasiswa. Terbukti, strategi pemasaran tersebut cukup efektif sehingga memberikan nilai tambah bagi bisnis kedai kopi tersebut dan mengantisipasi ketatnya persaingan yang ada di sekitarnya.

2. Menciptakan beragam menu tambahan agar konsumen tidak cepat bosan.

Selain menawarkan aneka menu kopi sebagai produk andalan, tentunya Anda juga harus kreatif untuk menciptakan menu-menu tambahan agar konsumen tidak cepat bosan. Contohnya saja menawarkan minuman non kopi, seperti aneka minuman coklat, milk shake, jus buah, lemon tea, serta menambahkan cake and bakery sebagai teman minum kopi. Inovasi seperti ini bisa kita contoh dari Lavazza, sebuah perusahaan kopi di Italia yang menawarkan cookie cup (cangkir kopi unik yang bisa dimakan) untuk menunjukan kepedulian mereka dalam menghemat penggunaan air, sekaligus sebagai salah satu strategi pemasaran untuk menarik minat pelanggan.

3. Memperkenalkan brand produk melalui sosial media.

Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di berbagai belahan dunia, tentunya Anda juga bisa memanfaatkan facebook, twitter, dan YouTube untuk memperkenalkan brand produk atau merek kedai kopi Anda di dunia maya. Dalam hal ini Anda bisa mengikuti jejak Starbucks yang mengadakan sebuah kompetisi melalui situs jejaring sosial. Dimana pihak Starbucks memberikan tantangan bagi semua konsumen untuk berlomba-lomba menjadi yang pertama dalam memposting foto poster Starbucks di Twitter. Strategi promosi ini terbilang cukup efektif, karena banyak orang yang tertarik mempromosikan logo dan merek Starbuck di media online, sehingga bisa dipastikan bila brand produk tersebut semakin dikenal masyarakat luas.

Minggu, 27 Januari 2013

Pentingnya Mempelajari Sejarah


Pentingnya Mempelajari Sejarah



Untuk menjadi kaya, sukses, hidup bahagia, janganlah melupakan masa lalu. Sejarah perlu dipelajari untuk memulai perubahan dan mengambil tindakan tepat terhadap tujuan kita.

Seperti hukum alam yang ada siang dan malam, panas dan dingin, hujan dan terang, pasang dan surut , yang abadi di dunia ini adalah Tuhan dan Perubahan itu sendiri.

Robert kiyosaki berharap bahwa perkiraan dia terhadap apa yang akan terjadi salah, mungkin pemerintah bisa terus membuat janji-janji untuk mengurus orang-orang : terus menaikkan pajak, dan terus tenggelam dalam hutang yang lebih besar. Mungkin bursa saham akan selalu naik dan tidak pernah turun lagi… dan mungkin harga–harga real estate akan selalu naik dan rumah anda akan menjadi investasi terbaik anda. Dan mungkin jutaan orang akan menemukan kebahagiaan dengan memperoleh upah minimum serta bisa memberikan hidup yang baik bagi keluarga mereka. Mungkin semua itu bisa terjadi. Tapi menurut Robert Kiyosaki tidak mungkin. Kalau kita berpatokan pada sejarah.

Menurut sejarah, kalau orang hidup sampai 75 tahun, mereka akan mengalami dua resesi dan satu depresi. Para baby boomer telah mengalami dua resesi, tapi belum mengalami depresi. Mungkin takkan pernah depresi lagi. Tapi menurut sejarah tidak begitu. Kita harus belajar sejarah ekonomi dan perubahannya yang lebih panjang dan perspektif yang lebih baik tentang asal dan tujuan kita.

Depresi bukan problem masa lalu, karena kita semua adalah manusia yang akan selalu mempunyai emosi serakah dan takut. Dan ketika rasa serakah dan takut bertabrakan , maka seseorang mengalami kerugian besar , dan emosi berikutnya adalah depresi. Depresi terdiri dari 2 emosi manusia :
1. Marah
2. Sedih

Marah kepada diri sendiri dan sedih karena kerugian. Depresi ekonomi adalah depresi emosi.

Di Indonesia atau di dunia ada siklus atau pola perubahan 12 tahunan. Diawali tahun 1945 ada kejadian Indonesia merdeka, dan perubahan ini menimbulkan peluang bisnis sehingga banyak orang kaya baru. Tahun 1957 Malaysia merdeka, terjadi perubahan peta perdagangan di Asia Tenggara, banyak orang kaya baru. Tahun 1969 pemerintah orde baru membuat peluang dan membuat rang kaya baru. Tahun 1981, terjadi booming saham di Asia Tenggara sehingga monyet pun (tidak perlu orang pintar) yang membeli saham akan kaya. Tahun 1993, terjadi booming properti di Indonesia yang membuat orang kaya baru. Tahun 2005, di Indonesia, Singapore dan Malaysia tampil pemimpin baru, perubahan yang akan membuat orang kaya baru.

Kenapa di setiap resesi dan depresi, selalu ada orang miskin dan menjadi kaya, dan kenapa di setiap resesi dan depresi selalu banyak orang kaya yang bahkan jadi dinosaurus…punah.
Menurut Robert Kiyosaki, orang akan tumbuh semakin kaya melalui perubahan-perubahan ketika orang tersebut terus belajar (open mind) dan berani mengambil risiko (take action).

Keyakinan Orang Kaya


Keyakinan Orang Kaya



Untuk menjadi kaya, dibutuhkan keyakinan positif tentang uang. Cara mudah merubah dan menyusun keyakinan bisa Anda tempuh saat ini juga.

Berikut adalah apa yang dikatakan Robert Kiyosaki kepada Saya,

Ayah miskin saya mengatakan, “Cinta akan uang adalah akar dari segala kejahatan.”

Ayah kaya saya mengatakan, “Kekurangan uang adalah akar dari segala kejahatan.”

Otak manusia secara mendasar hanya mencari nikmat menghindari sengsara. Apabila sesuatu hal dikaitkan kesengsaraan maka kita akan jauhi, apabila sesuatu hal dikaitkan dengan kenikmatan akan kita dekati, apabila campur baur satu hal yang sama antara kenikmatan dan kesengsaraan maka otak kita jadi bingung atau netral.

Seperti besi atau magnet, apabila keyakinan bercampur baur kutub positif dan negatifnya terhadap sesuatu hal maka akan menjadi besi. Ketika kita yakin bulat bahwa kaya positif miskin negatif maka kita akan menjadi magnet.

Pada kenyataannya banyak orang tidak pernah menyusun keyakinannya secara sadar dari lahir sampai mati. Dan bila kita tidak menyusun sendiri secara sadar keyakinan yang kita perlukan untuk menjadi kaya seperti kita terjajah tanpa sadar oleh kata-kata “Uang adalah akar dari segala kejahatan” maka tanpa sadar pula kita tidak menjadi kaya karena kita tidak ingin menjadi jahat.

Mestinya saran saya, mari kita susun ulang lagi keyakinan kita atau susunan kata kita tentang uang ataupun tentang kaya. Kita harus bulat bahwa kaya dan banyak uang baik adanya. Contoh merubah keyakinan :

·        Saya harus bekerja keras untuk menjadi kaya, diubah menjadi
·        Saya harus kerja cerdas untuk menjadi kaya
·        Cari kerja itu susah, diubah menjadi cari kerja itu mudah jika tau caranya
·        Orang kaya itu jahat, diubah menjadi saya akan menjadi orang kaya yang baik, dermawan dan berguna bagi banyak orang
·        Saya butuh modal besar untuk usaha besar, diubah menjadi itu bohong, saya melihat, mendengar banyak cerita orang dengan modal 0, bahkan minus sekarang punya usaha besar
·        dan masih banyak lagi
Sudahkah Anda susun sendiri keyakinan-keyakinan Anda yang sangat diperlukan untuk menjadi kaya?

Brand Awareness


Brand Awareness



Apa itu brand awareness? Mungkin sebagian dari kita ada yang belum familiar dengan istilah tersebut. Yang dimaksudkan dengan brand awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek. Dalam hal ini tentunya bisa meliputi nama, gambar/ logo, serta slogan tertentu yang digunakan para pelaku pasar untuk mempromosikan produk-produknya.

Bisa dikatakan, brand awareness menjadi salah satu faktor penting yang dibutuhkan para pelaku usaha untuk memperkuat brand produknya. Sebab, tak bisa kita pungkiri bila semakin banyak konsumen yang mengingat brand produk Anda, maka semakin besar pula intensitas pembelian yang akan mereka lakukan.

Menurut Aaker, brand awareness sendiri didefinisikan menjadi 3 tingkatan, yakni sebagai berikut :

Brand recognition (pengenalan), merupakan tingkatan yang paling rendah, dimana para konsumen baru mengenal sebuah merek dan masih membutuhkan alat bantu untuk bisa mengingat merek tersebut.

Brand recall (mengingatkan kembali), kesadaran merek langsung muncul di benak para konsumen setelah merek tertentu disebutkan. Berbeda dengan recognition yang membutuhkan alat bantu, brand recall hanya membutuhkan pengulangan/ penyebutan ulang untuk mengingat merek produk. 
Top of mind (puncak), adalah tingkatan tertinggi dimana merek tertentu telah mendominasi benak para konsumen, sehingga dalam level ini mereka tidak membutuhkan pengingat apapun untuk bisa mengenali merek produk tertentu.

Untuk bisa sampai ke level top of mind, tentunya dibutuhkan strategi promosi khusus untuk menanamkan brand produk yang cukup kuat. Lalu, kira-kira langkah apa saja yang bisa Anda jalankan untuk membangun brand awareness dalam benak pelanggan? Berikut kami informasikan tips pemasaran sederhana yang bisa Anda jalankan dari sekarang.

Pastikan bahwa nama brand yang Anda usung cukup mudah diingat para konsumen. Contohnya saja seperti merek air mineral “Aqua” yang sekarang ini menjadi top of mind dari produk air mineral.
Buatlah pesan unik yang membedakan merek Anda dengan produk kompetitor. Strategi promosi seperti ini bisa kita lihat dari kesuksesan produk biscuit Oreo, dimana sang pelaku pasar memperkenalkan cara makan oreo yang unik, dan sengaja menggunakan model anak untuk membidik pangsa pasar yang diinginkan (konsumen anak-anak).
Menggunakan slogan atau jargon yang membantu konsumen untuk mengingat brand. Strategi promosi seperti ini bisa kita lihat dari kesuksesan iklan Indomie. Dimana sang produsen mengusung slogan “Indomie..Seleraku!” yang sekaligus bisa membantu para konsumen untuk mengingat brand mereka.

Pilihlah logo atau simbol yang dapat dihubungkan dengan brand produk. Contohnya saja seperti kesuksesan logo McDonald’s yang menggunakan lambang menyerupai huruf “m” berwarna merah, sesuai dengan huruf awal yang tertera pada nama brand mereka.
Lakukan pengulangan untuk mempertajam ingatan para konsumen. Dalam hal ini Anda bisa menjadi sumber inspirasi bagi mereka, meningkatkan daya tarik brand Anda dimata para konsumen, merangkul konsumen dalam kegiatan promosi, dan berkomitmen untuk melibatkan brand tersebut dalam setiap kegiatan.

Blue Ocean Strategy



Blue Ocean Strategy




Menghadapi kondisi persaingan pasar yang semakin ketat, tentunya menuntut para pelaku usaha untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi pemasaran. Bahkan melihat kondisi pasar  yang semakin hari kian ramai, sekarang ini tidak hanya strategi pemasaran “standar” saja yang dibutuhkan para pelaku usaha untuk memenangkan persaingan pasar. Namun, mereka mulai dituntut agar lebih kreatif dan berani keluar dari zona nyaman untuk membuat sebuah gebrakan baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya oleh para kompetitor. Contohnya saja dengan menerapkan strategi pemasaran Blue Ocean untuk membidik ceruk pasar yang masih belum tergarap oleh para pesaing.

Yang dimaksudkan dengan Blue Ocean Strategy adalah sebuah strategi bisnis yang dipaparkan oleh W. Chan Kim dan Renee Mauborgne, dimana mereka mengajarkan para pelaku usaha untuk bisa menaklukan ketatnya persaingan dengan menciptakan pangsa pasar baru yang belum pernah dilirik maupun tersentuh oleh para kompetitornya. Melalui strategi ini, Chan Kim dan Renee Mauborgne menghimbau para pengusaha untuk menghindari ceruk pasar yang sudah jenuh dengan persaingan. Daripada bersaing di ceruk pasar yang sudah sangat padat, lebih baik menciptakan sebuah ruang baru yang lebih potensial dan berusaha memberikan nilai tambah pada ceruk pasar yang selama ini belum dilirik para pesaing.

Lalu, bagaimana caranya menerapkan blue ocean strategy untuk mengatasi persaingan? Berikut ini adalah beberapa tips pemasaran ala blue ocean strategy yang bisa Anda terapkan untuk memenangkan persaingan pasar.

1.    Fokus pada ceruk pasar yang diminati
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu menciptakan ceruk pasar baru yang tidak pernah dilirik kompetitor lain, misalnya saja dengan mengangkat hobi atau passion yang Anda miliki menjadi sebuah peluang yang cukup potensial.

Strategi bisnis seperti inilah yang sukses mengantarkan Bobby Handojo Gunawan dalam mengembangkan bisnis café & resto yang Ia beri nama Dream Cars Resto And Café, di Surabaya. Memanfaatkan hobi otomotif yang Ia miliki, Bobby mencoba menghadirkan sebuah konsep restoran & café yang unik yakni menggunakan koleksi mobil tuanya sebagai tempat makan bagi para pelanggannya. Keunikan konsep bisnis yang Ia usung, ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen, sehingga tanpa dukungan strategi promosi yang begitu ngoyo, bisnis café & resto milik Bobby selalu menjadi buah bibir para pecinta kuliner. Sehingga tidak heran bila melalui strategi pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut), sekarang ini Dream Cars Resto And Café selalu ramai dikunjungi konsumen baik dari dalam kota maupun luar Surabaya.

2.    Menciptakan sebuah pembeda
Blue ocean strategy pada dasarnya merupakan sebuah cara yang bisa dilakukan para pengusaha untuk menaklukan pesaingnya dengan menciptakan sebuah produk yang inovatif. Biasanya, produk yang ditawarkan memiliki keunikan tersendiri dan menawarkan nilai tambah yang belum pernah dimiliki kompetitor lain.

Contohnya saja seperti Rachman S Said, Alumni IPB Fakultas Teknologi Hasil Pertanian ini berhasil menciptakan mie inovatif dengan memanfaatkan bahan baku labu sebagai pengganti tepung terigu. Mengusung Bumie (labu mie) sebagai brand produknya, Rachman menciptakan sebuah gebrakan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh produsen mie di Indonesia. Keunggulan inilah yang membuat perkembangan bisnis Bumie bisa melaju dengan pesat, tidak heran bila permintaan konsumen terus meningkat dan kapasitas produksinya mulai bertambah menjadi 10.000–20.000 bungkus labu mie per bulan.

3.    Memiliki slogan yang unik dan berkesan di hati para pelanggan.
Keberadaan slogan bukan hanya untuk membuat tag line pada sebuah iklan, namun juga memiliki tujuan jangka panjang agar slogan tersebut bisa menciptakan kesan khusus di hati para pelanggan dan dapat tertanam cukup kuat dalam benak para konsumen. Strategi pemasaran ini sangatlah penting untuk memperkuat brand produk yang Anda usung, bahkan tidak hanya para pemula saja yang wajib menjalankan strategi ini untuk memperkenalkan brand produknya. Namun, perusahaan-perusahaan besar seperti McDonald pun sampai hari ini masih terus menanamkan slogan mereka kepada konsumen meskipun mereka telah berhasil menguasai pasar mancanegara. Dengan slogan andalannya I’m lovin’ it, McDonald berusaha menanamkan kecintaan para konsumen terhadap produk maupun perusahaan yang mereka jalankan. Sehingga wajar adanya, bila sekarang ini para konsumen di berbagai dunia memilih McDonald sebagai salah satu tempat makan atau restoran cepat saji yang sangat mereka gemari.

Dengan menerapkan blue ocean strategy dalam menjalankan bisnisnya, diharapkan para pengusaha maupun pelaku pasar bisa menciptakan sebuah ruang baru yang cukup potensial dan mendatangkan keuntungan yang cukup besar setiap bulannya.

Pentingnya Management Dalam Hidup


Pentingnya Management Dalam Hidup



Mengatur kehidupan diperlukan demi tercapainya tujuan hidup karir, bisnis maupun keuangan Anda. Management hidup berperan penting untuk membuat kehidupan Anda benar-benar berarti.
Arti hidup penting, tapi management hidup itu no.1.

Arti HIDUP itu apa? Dan biasanya kebanyakan orang tidak pernah memikirkannya! YA atau YA?
Nah, jika Anda Memanagement Hidup Anda dengan arti yang berbeda maka perasaan Anda juga akan ikut berbeda. Kalau perasaan Anda berbeda, maka tindakan Anda pun akan berbeda. Jika tindakan Anda berbeda, hasilnya juga berbeda. Dan jika hasilnya berbeda, maka nasibnya berbeda. Kalau nasibnya berbeda, maka hidupnya pun berbeda.

Jadi, di sini setiap orang mempunyai definisi hidup yang berbeda- beda. Jika Anda beranggapan hidup itu penuh dengan perjuangan, maka kehidupan Anda selamanya hanya berjuang. Memangnya enak kalau berjuang terus dan Anda tidak menikmati hidup? Disini Anda hanya berjuang terus menerus. Mungkin tidak ada yang salah dalam hal ini, namun definisi Anda menggambarkan kehidupan Anda untuk sekarang dan untuk kedepannya.

Oleh karena itu, berhati- hatilah terhadap definisi hidup tersebut. Anda memberikan arti hidup yang Anda inginkan. Dan jika Anda salah dalam memberikan arti hidup maka Management Nomor satu sudah Gagal Total. Yang paling pertama dalam mengatur hidup, Anda harus bisa memberikan arti hidup itu yang seperti apa dan hidup itu adalah… (Anda bisa menjawabnya dengan jawaban Anda sendiri).

Jika Anda sudah memberikan arti salah dalam hidup Anda, maka emosi Anda akan salah. Kalau emosinya salah, maka tindakan akan salah. Kalau tindakan Anda salah, hasilnya salah. Kalau hasilnya salah, maka nasibnya Salah. Dan jika nasib Anda salah, maka hidup Anda akan salah.

Jadi disini, Andalah yang menentukan hidup Anda akan seperti apa dan bagaimana. Jika Anda salah dalam memberikan arti, maka untuk kedepannya kehidupan Anda akan salah. Di sini, Anda juga yang menentukan definisi dari kehidupan Anda itu sendiri. Ini adalah langkah nomor satu dalam management hidup.

Jumat, 25 Januari 2013

Si Miliarder Baru


Si Miliarder Baru






Namanya mencuat sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Joko Susanto, disebut majalah 
Forbes di urutan 25 dari 40 orang terkaya di Indonesia yang dilansir Rabu, 23 November lalu.

Djoko Susanto, yang merupakan pendiri sekaligus pemilik perusahaan retail Alfamart, berhasil mengungguli kekayaan orang-orang terkenal Indonesia, seperti Aburizal Bakrie (peringkat 30) dan Ciputra (peringkat 27). Kekayaannya yang dikumpulkan berjumlah US$ 1,040 miliar (Rp 9,36 triliun).

Semua bermula di tahun 1967, ketika Djoko Susanto masih berusia 17 tahun. Ia diminta mengurus kios sederhana milik orang tuanya di Pasar Arjuna, Jakarta.

Toko itu dinamakan Sumber Bahagia, yang menjual bahan makanan. Tapi tak lama kemudian, Djoko melihat ada kesempatan yang lebih besar. Kiosnya mulai menjajakan rokok.

Djoko benar, bisnis dia dengan cepat membuat para perokok dan pengusaha grosir serta pengecer menjadi pelanggan tetap. Dia bertaruh, perokok akan membayar lebih banyak daripada yang dibayangkan.

Hal ini menarik perhatian Putera Sampoerna, yang mempunyai perusahaan rokok tembakau dan cengkeh terbesar di Indonesia saat itu. Mereka bertemu pada awal 1980 dan bersepakat pada 1985 untuk membuat 15 kios di beberapa lokasi di Jakarta.

Upaya itu berhasil dan menginspirasi mereka untuk membuka supermarket yang dinamakan Alfa Toko Gudang Rabat. Kedua orang itu kemudian membuka toko Alfa Minimart (yang kemudian dikenal sebagai Alfamart) pada 1994.

"Saya pikir penamaan Sampoerna Mart kurang menjual, kemudian saya menggunakan Alfa, sebuah merek yang lebih dikenal dan teruji," ujar Djoko, seperti dikutip majalah Forbes, Kamis, 24 November 2011.

Kerja sama tersebut berakhir pada 2005, ketika Sampoerna menjual bisnis tembakau--beserta anak perusahaannya (termasuk 70 persen bagian perusahaan Sampoerna yang ada di Alfamart)--kepada Philip Morris International dengan nilai lebih dari US$ 5 miliar.

Philip Morris, yang tidak tertarik bisnis retail, kemudian menjual saham Alfamart kepada Djoko dan investor ekuitas swasta, Northstar. Tahun lalu, Djoko membeli Northstar sehingga membuatnya memiliki 65 persen perusahaan.

Saham itu kemudian diperdagangkan dan menghasilkan dua kali lipat pada 12 bulan terakhir. Hal inilah yang akhirnya membuat Djoko termasuk ke dalam jajaran miliuner dunia. Dia membuat debutnya pada urutan ke-25 dalam jajaran orang terkaya Indonesia dengan kekayaan bersih sebesar US$ 1,04 miliar.

Kisah Sukses Enzo Ferrari


Kisah Sukses Enzo Ferrari



Enzo Ferrari dilahirkan 18 Februari 1895 di Modena, Italia.  Usia 15 tahun meninggalkan sekolah dan mendapat pekerjaan sebagai tukang bubut pada dinas pemadam kebakaran di Modena.  Selama Perang Dunia I, ia bekerja memasang tapal kedelai untuk resimen pasukan Alpen.  Setelah perang usai, ia mencoba mendapatkan pekerjaan baru, mengetes mobil yang dipergunakan dalam perlombaan-perlombaan pada pabrik mobil kecil.  Ternyata ia seorang pembalap yang mahir.

Pada 1920, Alfa Romeo menariknya untuk tim balap mereka.  Setelah menang balapan dekat Revenna, Graaf Francesco Baracca, seorang penerbang pesawat pemburu yang tertembak dalam Perang Dunia I, minta pada Ferrari untuk mengenakan emblim penerbang almarhum anak laki-lakinya. Disain emblim itu berupa kuda hitam yang melonjak, dilukis pada latar belakang kuning.  Di sirkuit balap dan di jalan-jalan raya di seluruh dunia, emblim itu disegani dan dikagumi.

Ketika Alfa pada 1924 menarik diri dari dunia balap, Ferrari menjadi penyalur bagi Alfa Romeo di Modena dan mendirikan tim balap sendiri, Seunderia Ferrari.  Ia mulai sibuk dengan rancangan-rancangan dan pembuatan mobil-mobil baru.  Ia lebih banyak berbuat dari pada berpacu di sirkuit.  Sebagai seorang direktur, sekaligus penjual dan pengajar akal budi, menurut beberapa rekannya ia spion industrial dan sangat dibutuhkan.

Pada 1939, setelah menjadi pemimpin tim balap Alfa, ia keluar setelah cekcok dengan insinyur kepala perusahaan.  Ia mendirikan perusahaan teknik sendiri.  Selama Perang Dunia II, ia membuat mesin-mesin pesawat terbang ringan dan peralatan lain.

Setelah perang usai, tahun 1947, Ferrari membuat mobil-mobil balap Ferrari yang pertama di dunia, yaitu 125 S.  Mobil yang digerakkan oleh sebuah mesin V-12-1500 cc dan sangat menarik perhatian.  Pada 1951, sebuah Ferrari 375 F1 merah memenangkan Grand Prix Inggris di Silverstone.  Ini merupakan lembaran baru dalam sejarah dunia balap mobil.

Pabrik Ferrari memproduksi 3.500 mobil sport setahun.  80 persen diantaranya diekspor.  Keuntungannya lebih dari 12 milyar Lire.  Semua model produksi berasal dari mobil balap Formula 1.  Setiap mobil yang keluar dari pabrik di Marranello, 20 kilometer selatan Modena, dirakit dengan teliti.  Pabrik Ferrari membuat 70 persen onderdil buat mobilnya sendiri.  Hanya onderdil seperti ban-ban, kaca dan peralatan elektronik yang didatangkan dari luar.

Demikianlah kisah sukses Enzo Ferrari dalam industri mobil balap dunia.  Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk mengikuti jejak langkahnya sebagai pengusaha sukses dan tangguh.

Rabu, 23 Januari 2013

Strategi Pemasaran Perusahaan Yang Mendunia


Strategi Pemasaran Perusahaan Yang Mendunia





Berhasil menjalankan roda usaha hingga menjangkau tingkat dunia tentunya menjadi impian besar bagi setiap pengusaha. Berbagai macam strategi dan upaya pun rela dilakukan para pengusaha untuk mewujudkan impian besar yang mereka miliki.

Dari sekian banyak strategi bisnis yang perlu dijalankan pelaku usaha, tak bisa dipungkiri bila peranan strategi pemasaran sangatlah mempengaruhi sukses tidaknya bisnis yang dijalankan. Keberhasilan Starbuck Coffe maupun raksasa bisnis makanan cepat saji McDonald yang mampu meyakinkan konsumennya di berbagai belahan dunia, pastinya juga tidak lepas dari strategi pemasaran yang mereka jalankan.

o   Salah satu visi dan misi yang dimiliki Starbuck Coffe maupun McDonald yaitu menjadi yang terbaik di tingkat dunia. Dengan modal tersebut, pengelola Starbuck Coffe maupun McDonald berusaha menentukan segmentasi dan target-target konsumen yang akan dibidik sebelum mereka meluncurkan sebuah produk. Untuk Starbuck sendiri menargetkan ingin menjadi tempat ketiga bagi konsumen setelah rumah dan tempat kerja mereka. Sedangkan untuk McDonald lebih menomorsatukan menu makanan cepat saji yang bisa diterima semua kalangan konsumen, baik untuk konsumen dewasa, remaja, maupun anak-anak yang dipadukan dengan rasa lokal yang cukup populer di negara bersangkutan.

o   Setelah itu mereka akan mempertimbangkan nilai yang paling kuat dan menciptakan kreatif marketing yang didasarkan pada kondisi segmen pasar yang ditentukan. Contohnya saja seperti strategi promosi yang dijalankan oleh McDonald diantaranya memanfaatkan iklan di televisi, membuat even internal, memberikan bonus menarik yang sesuai dengan perkembangan trend pasar, serta menciptakan menu baru yang digemari para konsumennya. Sedangkan Starbuck lebih memilih untuk menciptakan variasi produk yang kualitasnya benar-benar terjaga, menanamkan brand image yang cukup kuat melalui logo perusahaan yang digunakan, serta menggunakan produk promosi (merchandise) untuk memperkuat citra perusahaan yang mereka bangun.

o   Selanjutnya adalah strategi positioning untuk membangun loyalitas konsumen. Ketika konsumen mulai mengenal dan mempercayai produk Anda, selanjutnya buatlah beberapa program promosi yang bisa menguatkan loyalitas mereka. Misalnya saja seperti strategi pemasaran Starbuck drive thru yang memudahkan para konsumen untuk mendapatkan secangkir kopi tanpa harus turun dari kendaraan mereka, melengkapi produk dengan atribut unik untuk menarik minat konsumen, serta membuka gerai hingga 24 jam nonstop untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya. Sedangkan strategi pemasaran yang dipilih McDonald lebih memanjakan konsumennya melalui layanan delivery order yang siap mengantarkan produk makanan McDonald ke rumah para konsumen, meningkatkan kualitas produk sesuai dengan minat konsumen di daerah setempat, serta memberikan bonus mainan unik untuk menjaga loyalitas konsumen yang berasal dari kalangan anak-anak maupun remaja.

Melalui strategi pemasaran kreatif yang digunakan Starbuck Coffe maupun McDonald, sekarang ini dua perusahaan besar tersebut telah berhasil mendunia dan dipercaya para penggemarnya di berbagai belahan negara. Dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumennya, dua perusahaan besar sekelas Starbuck dan McDonald selalu dirindukan pelanggannya dan outletnya selalu ramai dikunjungi para konsumen.

Selasa, 22 Januari 2013

Selling Skill Untuk Online Shop


Selling Skill Untuk Online Shop






Interaksi Dengan Calon Pembeli

Agar calon pembeli percaya pada toko Anda, sertakan kontak person yang jelas. Pastikan pula kontak person Anda mudah dihubungi dan selalu ramah menjawab detail pertanyaan dari konsumen. Tak hanya berupa nomor telepon, kontak person bisa berupa email agar konsumen makin mudah berinteraksi dengan Anda.Kepercayaan konsumen juga meliputi sikap positif Anda ke mereka. Jika Anda jujur dan ramah pada mereka, niscaya pelanggan tak akan kabur ke “tetangga”. Jangan pernah membohongi pelanggan tentang kualitas produk Anda. Dan, jangan pula mengumbar janji palsu kepada konsumen. Sertakan testimoni di website atau channel bisnis online anda.


Testimoni

Testimoni yang jujur dari konsumen Anda adalah jalan pintas membangun kepercayaan toko online Anda. Tulislah testimoni dari pembeli Anda dimanapun Anda bisa. Tulis pada bagian deskripsi produk atau toko online Anda, jadikan tweet testimoni pembeli Anda sebagai favorite di Twitter. Foto atau ambil screenshot tulisan testimoni dari BB. Tanya, minta, bujuk pembeli Anda untuk menuliskan testimoni mereka. Jangan, sekali lagi jangan pernah membuat testimoni palsu (Anda sendiri yang menulis testimoni toko Anda.) Pembeli di era informasi sekarang ini sangat cerdas, mereka akan mengatahui cepat atau lambat jika Anda berbohong.

Tangani Komplain

Tangani setiap komplain konsumen dengan baik. Sebagai teman yang baik bagi setiap konsumen Anda, ketika mendapati sebuah komplain sebaiknya hadapilah dengan kepala dingin dan jadilah solusi terbaik bagi permasalahan mereka. Selesaikan segera dengan cara yang terbaik, agar kekecewaan mereka bisa segera terobati dan tidak menimbulkan permasalahan baru bagi perusahaan yang Anda jalankan.

Giatkan Promosi

Sebagian besar toko online menggunakan jejaring sosial sebagai medium promosi. Hal itu boleh saja dilakukan, asalkan jangan sampai mengganggu pelanggan. Misalnya, jangan terlalu sering menandai pelanggan di gambar produk terbaru Anda. Pasalnya, sering ada pelanggan yang tidak nyaman dengan taggingdi akun Facebook , mention di Twitter ataupun dengan broadcast message di black berry. Buatlah fanpage, group di black berry untuk memberikan update terbaru pada pelanggan.


Harus Memiliki Sikap Yang Baik 
Saat Anda memutuskan membuat toko online, Anda harus siap dengan konsekuensi menjadi situs milik publik. Artinya, setiap gerak-gerik Anda diamati oleh orang lain. Anda perlu menjaga sikap dan kata-kata. Buat toko online Anda menjadi menyenangkan untuk dikunjungi konsumen. Gunakan kata-kata persuasif yang berkesan positif, kurangi mengeluh dan jangan sampai mengungkapkan kata-kata kasar. Jika ada pelanggan yang komplain. tanggapi dengan ramah dan ajak berdiskusi secara intern, jangan di akun toko online Anda. Jangan mengambil risiko dengan melakukan hal-hal yang tidak bertanggungjawab, karena akan merusak citra dari toko online Anda.