Rabu, 08 Mei 2013

Tips Pemasaran Bersaing Dengan Brand Besar


Tips Pemasaran Bersaing Dengan Brand Besar



Pengusaha kecil sekarang ini dituntut lebih kreatif dan inovatif untuk mengembangkan usahanya. Selain harus memikirkan kelangsungan bisnisnya, mereka juga harus bisa bersaing dengan brand yang sudah besar. Sebenarnya, dalam kualitas produk, barang yang dihasilkan pelaku UKM tidak kalah bersaing dengan brand besar, yang membedakan hanyalah pangsa pasar.

Pengusaha dengan brand besar sudah memiliki nama sehingga dengan mudah mereka menarik hati pelanggan. Karenanya para pelaku UKM harus pandai untuk melihat peluang pasar tersebut sehingga bisa bersaing dengan pengusaha dengan brand yang sudah besar. Tak jarang pengusaha kecil merasa tidak mampu untuk menyaingi para pengusaha dengan brand besar. Padahal kesempatan bersaing untuk pengusaha kecil juga masih terbuka lebar, peluang meraih pangsa pasar bisa mereka dapatkan dengan membuat strategi untuk  mengembangkan usahanya. Lalu, strategi pemasaran seperti apa yang perlu dijalankan para pelaku UKM?

Berikut kami informasikan tips pemasaran bersaing dengan brand besar yang bisa dijalankan dari sekarang!

1. Mengobservasi persaingan

Tidak selamanya persaingan pasar berdampak buruk bagi usaha kita. Kadang dari kompetitor kita bisa melihat dan belajar kiat-kiat sukses atau peluang usaha apa yang bisa kita contoh dan bisa kita kembangkan untuk usaha kita. Yang tidak kalah pentingnya Anda juga perlu mengobservasi perbandingan kisaran harga agar dapat memiliki peluang menggapai segmen pasar yang sesuai. Observasi barang atau harga lewat internet akan lebih mudah dan praktis, Anda bisa dengan mudah mencari dan menemukan sesuatu yang Anda inginkan.

2. Tampil Unik dan Menarik

Kreatifitas dan inovasi menghadirkan sebuah produk yang unik. Ini merupakan poin yang sangat penting untuk menarik minat pelanggan. Produk yang terlihat unik dan menarik akan lebih banyak mengundang minat pelanggan dibandingkan dengan produk yang tampilannya biasa-biasa saja. Pelanggan akan lebih suka dan bahkan kembali lagi untuk menikmati produk kita jika tampilannya lebih menarik.

3. Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan menjadi salah satu kunci sukses berbisnis. Kepuasan pelanggan akan memberikan dampak yang positif terhadap kelangsungan suatu usaha. Jika pelanggan merasa puas dengan produk yang kita tawarkan maka kemungkinan besar mereka akan menikmati kembali produk kita dan tentunya secara tidak langsung akan menjadi media promosi bagi bisnis kita.

Hubungan yang baik dengan pelanggan perlu dijaga untuk menjaga loyalitas para konsumen dan meningkatkan omzet penjualan. Banyak pelanggan yang enggan kembali dan tidak loyal dengan suatu produk karena mereka mendapatkan pelayanan  yang kurang memuaskan. Contohnya jika para pelaku brand besar menggunakan customer care untuk berkomunikasi dengan konsumen, Anda bisa berkomunikasi langsung dengan konsumen saat mereka menikmati produk kita atau bisa Anda follow up lewat handphone ataupun sosial media yang Anda gunakan.

Meskipun modal Anda tidak sebesar modal para pelaku usaha dengan brand besar, namun tidak menutup kemungkinan bila Anda dapat bersaing dengan mereka.

Sumber : http://bisnisukm.com/tips-pemasaran-bersaing-dengan-brand-besar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar