Selasa, 07 Mei 2013

Membuat Tagline (Slogan)


Membuat Tagline (Slogan)



Tagline atau slogan menjadi elemen penting yang mencerminkan keunikan produk atau bisnis anda. Tagline akan menjadi salah satu pemantik yang membuat usaha anda lebih cepat dikenal oleh pangsa pasar. Sebuah tagline adalah sekumpulan frase atau baris kata yang dapat mewakili identitas, posisi, dan keunggulan dari produk atau bisnis yang disusun secara atraktif agar dapat menarik konsumen. Apa saja yang harus diperhatikan dalam menciptakan sebuah tagline atau slogan (motto) usaha:

1. Mengesankan & Mudah Diingat (Memoriable)
Sebuah tagline yang bagus adalah dapat menciptakan kesan tersendiri yang dirasakan oleh konsumen. Tagline hendaknya dibuat agar mudah diingat dan diucapkan, sehingga mempunyai power branding yang kuat.

2. Singkat & Jelas
Tagline atau Slogan bisnis yang efektif adalah slogan yang dibuat dengan kalimat sederhana, singkat, namun mudah dipahami.

3. Mencerminkan Personality
Tagline yang powerfull adalah slogan yang dapat mencerminkan hal yang special pada bisnis anda, sehingga konsumen merasakan ada hal yang berbeda terhadap produk atau usaha yang sejenis dari para kompetitor anda. Oleh karena itu, buatlah tagline yang original.

4. Mendeskripsikan Keunggulan
Agar lebih efektif dalam menjaring konsumen, tagline juga harus mencitrakan keunggulan pada produk atau usaha anda.

5. Berkorelasi
Tagline / slogan yang mudah diterima dan berkesan di mata konsumen harus berkolerasi dengan jenis produk atau bisnis yang dijalankan. Misalnya Nokia dengan tagline "Connecting People", merupakan salah satu contoh slogan yang berkolerasi terhadap produknya, yaitu handphone.

6. Memiliki Nilai & Mengandung Makna
Sebuah tagline juga hendaknya mempunyai nilai atau makna yang tersirat dalam kata-katanya. Selain itu, dapat mengisyaratkan seperti apa visi dan janji yang diwujudkan perusahaan. Misalnya perusahaan Olympus dengan slogannya "Your Vision, Our Future".

7. Atraktif (Magentik) & Berirama
Tagline diciptakan untuk menjadi salah satu daya tarik (magnetik) bagi konsumen. Agar lebih powerfull, biasanya diwujudkan dalam bentuk jingle. Sedangkan di Indonesia, tagline yang bagus juga harus memiliki rima yang tepat, seperti rima pantun untuk tagline yang terdiri dari dua frase. Misalnya tagline situs jual beli Berniaga, "Jualnya gampang, Belinya senang", sajak rimanya adalah a-a (gampang dan senang)

Sumber : http://www.kerjausaha.com/2013/03/membuat-tagline-slogan-untuk-bisnis-anda.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar