Selasa, 22 Januari 2013

Selling Skill Untuk Online Shop


Selling Skill Untuk Online Shop






Interaksi Dengan Calon Pembeli

Agar calon pembeli percaya pada toko Anda, sertakan kontak person yang jelas. Pastikan pula kontak person Anda mudah dihubungi dan selalu ramah menjawab detail pertanyaan dari konsumen. Tak hanya berupa nomor telepon, kontak person bisa berupa email agar konsumen makin mudah berinteraksi dengan Anda.Kepercayaan konsumen juga meliputi sikap positif Anda ke mereka. Jika Anda jujur dan ramah pada mereka, niscaya pelanggan tak akan kabur ke “tetangga”. Jangan pernah membohongi pelanggan tentang kualitas produk Anda. Dan, jangan pula mengumbar janji palsu kepada konsumen. Sertakan testimoni di website atau channel bisnis online anda.


Testimoni

Testimoni yang jujur dari konsumen Anda adalah jalan pintas membangun kepercayaan toko online Anda. Tulislah testimoni dari pembeli Anda dimanapun Anda bisa. Tulis pada bagian deskripsi produk atau toko online Anda, jadikan tweet testimoni pembeli Anda sebagai favorite di Twitter. Foto atau ambil screenshot tulisan testimoni dari BB. Tanya, minta, bujuk pembeli Anda untuk menuliskan testimoni mereka. Jangan, sekali lagi jangan pernah membuat testimoni palsu (Anda sendiri yang menulis testimoni toko Anda.) Pembeli di era informasi sekarang ini sangat cerdas, mereka akan mengatahui cepat atau lambat jika Anda berbohong.

Tangani Komplain

Tangani setiap komplain konsumen dengan baik. Sebagai teman yang baik bagi setiap konsumen Anda, ketika mendapati sebuah komplain sebaiknya hadapilah dengan kepala dingin dan jadilah solusi terbaik bagi permasalahan mereka. Selesaikan segera dengan cara yang terbaik, agar kekecewaan mereka bisa segera terobati dan tidak menimbulkan permasalahan baru bagi perusahaan yang Anda jalankan.

Giatkan Promosi

Sebagian besar toko online menggunakan jejaring sosial sebagai medium promosi. Hal itu boleh saja dilakukan, asalkan jangan sampai mengganggu pelanggan. Misalnya, jangan terlalu sering menandai pelanggan di gambar produk terbaru Anda. Pasalnya, sering ada pelanggan yang tidak nyaman dengan taggingdi akun Facebook , mention di Twitter ataupun dengan broadcast message di black berry. Buatlah fanpage, group di black berry untuk memberikan update terbaru pada pelanggan.


Harus Memiliki Sikap Yang Baik 
Saat Anda memutuskan membuat toko online, Anda harus siap dengan konsekuensi menjadi situs milik publik. Artinya, setiap gerak-gerik Anda diamati oleh orang lain. Anda perlu menjaga sikap dan kata-kata. Buat toko online Anda menjadi menyenangkan untuk dikunjungi konsumen. Gunakan kata-kata persuasif yang berkesan positif, kurangi mengeluh dan jangan sampai mengungkapkan kata-kata kasar. Jika ada pelanggan yang komplain. tanggapi dengan ramah dan ajak berdiskusi secara intern, jangan di akun toko online Anda. Jangan mengambil risiko dengan melakukan hal-hal yang tidak bertanggungjawab, karena akan merusak citra dari toko online Anda.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar